Tuesday, February 02, 2010

Saat saya berubah wujud jadi seonggok sayuran di pojok dapur

Salah satu hal yang menakutkan, bagi saya, adalah saat bertemu dengan orang-orang yang percaya bahwa saya bisa melakukan apa saja. Rasa percaya yang berlebih itu menjadi beban yang berat di pundak saya sampai-sampai saya berpikir saya tak bisa berjalan karena bebannya itu.   

Lalu waktu memberi saya pengalaman lain. Saya ditemukan dengan sekelompok orang yang tak percaya akan kemampuan saya. Mereka merasa saya tak mampu, tak bisa dan tak mungkin berhasil dalam semua hal. Anehnya, bertemu dengan kedua jenis orang ini ternyata memiliki pengaruh yang sama pada kejiwaan saya.

Pada dasarnya saya memang bukan orang yang dipenuhi rasa percaya diri. Saya selalu merasa apa yang saya lakukan itu biasa saja, dan faktor kemujuran juga modal pertemanan membuat saya berhasil. Keyakinan ini yang membuat saya merasa harus mempersiapkan diri secara berlebih sebelum melakukan semua hal, agar tak mengecewakan hasilnya (baik bagi saya maupun orang yang mempercayai saya untuk melakukan pekerjaan itu.)

Jadi saat bertemu dengan orang-orang yang percaya bahwa saya bisa memetik bulan dari langit, saya merasa jadi pembohong kelas kakap karena merasa bahwa apa yang saya kerjakan itu bukan hasil kepandaian saya yang berlebihan tapi yah, memang seharusnya memang itu adalah hasil persiapan yang panjang dan mendalam. Dan saat bertemu dengan orang-orang yang merasa saya adalah seonggok sayur di pojokan ruangan, saya merasa bahwa kepercayaan saya mengenai ketidakmampuan saya seakan digaris bawahi dengan tinta merah dan diberi stabilo tebal-tebal.  

Kalimat “Saya yakin kamu bisa, det!” ternyata sama pengaruhnya dengan, “Saya tak yakin Anda tak bisa mengerjakan hal ini...”

Halah, kenapa yah? Sebuah jawaban yang saya yakin tak akan saya dapatkan. Entahlah?

:) 

10 comments:

Kerlip Bintang said...

kirain cuma aku doang yang punya pikiran kayak gini.
ternyata harus banyak membaca / berdiskusi dengan orang lain, bahwa kita memang tidak sendirian dan wajar adanya jika berpikiran seperti itu. :)

tetap semangat ^^

lindung ganteng said...

Bebannya sama tapi rasanya berbeda... But i prefer someone saying "Saya percaya kamu bisa" it sound alot nicer and warm....

detta aryani said...

huh? kamu juga py rasa yang sama toh? hwehehehehe.... aduh berarti gue ndak aneh2 amat yah... hehehe....

detta aryani said...

:) pasti ngebayangin perempuan cantik manis dengan suara lembut ngomong itu yah... hahahaha pasti seneng kalo begitu, mah..

kalo bos gede bikin bete trus bilang 'saya percaya kamu bisa' padahal sehari lagi naik cetak dan narasumber tak bisa dihubungi... masih berasa nice and warm ndak? wahahaha :)

lindung ganteng said...

Iyaaaaaaaaa... Kok tau guwe emang ngebayangin nya yg ngomong "ayo kamu bisa" itu adalah cewek cantik nan sexy dengan bikini and thong model g-string saat gue hampir kelelep kehabisan nafas di laut trus dia semangatin gue untuk berjuang benerang ke tepian.. Hahaha... *lebay.com*

tito imanda said...

kalo gitu masalahnya bukan karena lo merasa mereka terlalu percaya, tapi karena lo merasa dipaksa dan dibebanin...

detta aryani said...

jadi gue yang salah lagi.. GUE... GUE... GUE.... *PMS mode on* hehehe... :) emang kadang gue harus ngelakuin banyak hal tanpa pake hati... hihihi... ntar sering ke-gr-an mulu karena ngerasa mereka terlalu percaya sama gue... :)

detta aryani said...

lah, lo kan temennya rendy... wahahahahaha... kalo kata orang engris 'birds of a feather flock together' :)

tito imanda said...

nggak nggak, gue kok yang salah... GUE... GUE... GUE...

detta aryani said...

sebagai manusia yang tidak egocentric ya, mas tito....ya deh gue akui itu salah lo... ambil deh kesalahan itu.... wahahahah!