Thursday, January 19, 2006

BERDOA

Kemaren seorang sahabat gue sms minta doa buat adiknya yang sudah 100 hari meninggal……. Malam itu gue berdoa untuk dia….. Wow… setelah mendoakan PAUS YOHANES waktu dia sakit, ini adalah doa gue kedua karena sebuah sms… I’m amazed….

Gue adalah manusia yang amat sangat males untuk berdoa.
Tapi gue nggak pernah tahu alasan kenapa gue males berdoa…
Mungkin karena gue nggak bisa ngebedain antara males dan lupa….

Belakangan ini gue sering mikirin mengenai berdoa…
Ini gara-gara sebuah pendapat yang diutarakan oleh seorang teman gue….
Sebenernya topiknya adalah mengenai mendaki gunung…. Tapi lucunya topic mengenai olah raga yang gue nggak ngerti sama sekali ini ternyata closely related dengan berdoa… (sebuah kegiatan yang sama sekali ngga gue ngerti juga… HAHAHA.. GO FIGURE !!!)

Well, si temen gue itu bercerita bahwa kenikmatan naik gunung itu adalah rasa pasrah yang bisa dirasakan saat kita mulai mendaki. “Kita nggak tahu apa kita bisa sampe ato nggak, bisa pulang ato nggak” begitu kata dia…. Nah dengan deskripsi ini dia bilang kegiatan naik gunung juga bisa di ibaratkan dengan BERDOA…. (dia sih bilangnya hanya dengan naik gunung, dia baru bisa berdoa)
Karena kedua kegiatan ini membutuhkan kepasrahan total…. Berdoa berarti kita hanya bersandar kepada Tuhan doang….

Well, this kindda thingking bikin rusak konsep berdoa yang gue pahami dari dulu. Menurut gue doa adalah berbicara sama Tuhan. Jadi ‘lo bisa berdoa hanya dengan bilang “’Met Pagi, Tuhan!” … “Waduh, Ujan nih , Tuhan. Banjir nggak ya?” Hal-hal kaya gitu… Bahkan ada orang gila yang dulu pernah jadi sahabat gue bilang bahwa “Setiap nafasku adalah DOA” dan dengan pemikiran itu gue sama dia -----NGGAK PERNAH BERDOA------

Wah…..
Akhirnya setelah agak lama isi kepala gue rusak gara-gara pemikiran baru ini, gue mau coba pemikiran doa dan berpasrah itu….
Berdoanya sih bisa gue mulai, tapi berpasrahnya itu gimana?
Bagaimana cara ngelawan rasa ingin menang.. bukankah setiap manusia adalah pejuang???

Mungkin di blog depan, gue udah bisa jawab pertanyaan gue sendiri…
I’LL let you know

No comments: