Monday, February 02, 2009

Liburan ke Yogya yang Singkat dan Padat bag 1




sebenernya ide berlibur untuk menengok seorang sahabat yang terdampar di kota gue ini sudah ada di kepala cukup lama... tapi baru akhir minggu kemarin semuanya terlaksana... tanpa ba-bi-bu gue dan nuri ngepak ransel dan berangkat setelah mendapat tiket kereta taksaka II hari senin selumnya...

berikut jurnal perjalanan gue dan nuri menjelajah kota kesayangan gue ...

Jumat 30/01

pagi ngantor seperti biasa, namun hati, kepala dan jiwa sudah merasa liburan. Entah bagaimana 8 jam kerja itu gue laluin jumat yang lalu itu.. hehehe... akhirnya waktu menunjukkan pukul 4. Nuri memutuskan untuk berlatih yoga dulu, sedang gue (yang males ngapa2in sore itu nongkrong di lapangan bola kambing melihat anak2 femina latihan bola... tiba2 hujan deras menghajar kota hiruk pikuk ini... mmm... bolanya bubar, dan gue berangkat ke gym untuk nongkrong di sauna dan numpang mandi.

jam 7 kurang, sebuah kejadian yang bikin panik terjadi... untung semuanya bisa di tanggulangi dengan baik, walau sempat terlontar permintaan maaf sebagai berikut "maaf ya, mbak. Saya ngak bermaksud marah sama mbak tapi saya sebel banget sama benda ini..." dan kalimat permintaan maaf itu dilanjutkan dengan omelan selanjutnya... hahaha.. seru... acungan jempol buat nuri atas ketenangannya menghadapi kejadian itu!!! terima kasih juga buat imelda yg mau nemenin kita sampai harus naik ojek untuk mengejar kereta ke solo.

jam 8.15... kereta yang akan membawa kita ke yogya berangkat.. berbekal alat merajut gue ngobrol sama nuri sambil merajut.. niatnya sih sampe yogya rajutan udah bisa jadi scarf, nyatanya.. cuma kuat 30 menit.. abis itu molor jaya... hahahaha....

Sabtu, 31/01

hari terakhir bulan Januari gue sampe di stasiun tertua di Indonesia... disambut hujan liris yang tidak berhenti2 gue menuju tempat kediaman pry--yang suprisingly sudah bangun jam 5 pagi itu, dan bahkan berniat menjemput kita...---

setelah ngobrol, ngakak, mandi, makan pagi.. kita bertiga (gue, nuri, pry) menuju kantor pry selama di kota ini (sempet nengok rumah gue sebentar sebagai syarat masuk kota yogya). Sesampainya di kantor pry, hujan turun gokil jaya! mmm.. sebel juga sih, kebayang rencana gue dan nuri untuk ke tamansari bisa berantakan. namun rain or shine tetep kita bulatkan tekad untuk menuju tempat pemandian putri raja itu... sekitar jam 10-an kita berangkat ke arah kraton dengan naik bis dan berjalan menembus alun-alun yang dipenuhi dengan perangkat pasar malam (kemarin-menurut koran-acara sekatenan kraton yogya di buka dan sebulan penuh akan ada pasar malam)

Taman Sari keren pisan!!!!! hahaha.. speechless gue melihat itu semua... ngak peduli sama ujan rintik2 yang ngebasahin badan gue, gue terpukau sama semua yang ada di depan mata gue.. mulai dari cerita sampe peninggalan yang ada bikin gue jatuh cinta...

agenda selanjutnya adalah kraton... sayang kraton ndak begitu menarik karena mungkin udah terlalu lelah mengelilingi taman sari dan mesjid bawah air .. dan ditambah ada rombongan anak SMA yang sedang studi tour yang bikin ramai kraton yang harusnya sepi dan magis itu.

setelah sumpeh cape banget muterin itu semua... gue dan nuri beranjak ke ugm untuk bertemu seorang teman dan makan siang bersamanya...

jam 2 siang, di ugm... makan siang lezar pisan di gudek bu ahmad di seberang fakultas teknik bikin badan yang udah cape setengah mati jadi bugar lagi.. akhirnya gue, nuri dan mb novi ke depan kantor pusat ugm yang keren banget... dan foto2lah kita di sana.. ngak peduli ujan dan langit yang mendung,,, niat foto akhirnya dipuaskan...

jam 3.30 siang kita jemput pry di kantornya... dia ternyata sudah siap mengantar kita ke Candi Boko! gue ndak pernah ke tempat ini sebelumnya, tapi denger2 kabar tempat ini keren pisan...

setelah naik trans yogya, setelah mempermalukan diri di depan anak sma di bis nyaman itu dan setelah berjubelan menuju prambanan, akhirnya kita sampai di pangkalan ojek yang membawa kita ke Candi Boko...

"Jangan lama-lama ya, mbak!"
begitu si tukang ojek memperingati kami bertiga yang berlarian ke Candi -yang n'aujubile jauhnye itu- mengejar sunset.... gokil, gue narik napas dalam waktu sampai di depan bangunan candi itu... rasa merinding, kagum sama , sebel karena kehabisan napas menjadi satu... hati gue rasanya damai banget di sana... saking damainya gue sampai ketakutan sendiri... dan imajinasi gue menjadi liar dan membayangkan hal-hal aneh-aneh seperti adanya lorong waktu yang dapat menarik gue ke masa lalu, atau ada zona waktu yang menangkap gue --seperti bermuda triangle-- di tempat itu...

sambil motret gue coba membayangkan apa yang terjadi di tempat ini... para pedoa dan pelajar dengan jubah-jubah putih dan rambut di cepol bersliweran dengan kitab2 besar di tangan... oh my... rasanya indah banget... surreal apalagi dengan semburat jingga di langit ... kebayang bagaimana rasanya jadi pelajar di tempat itu... kerjanya hanya belajar, berdoa dan melihat langit... gokil! siapa yang mau cepet lulus kalau begitu keadaannya?

matahari turun... langit gelap... bayangan2 kengerian mengenai lorong waktu dan twilight zone makin menantjap di kepala... damn.. sumpe gue takut bener... antara mau buru2 turun sendirian atau menunggu pry dan nuri yang masih seru motret bikin gue mau nangis... hik.. kalo beneran tempat ini kaya bermuda triangle, gue ndak mau ilang sendirian... dan gue juga ngak mau nuri dan pry aja yang ditangkap lorong waktu dan ninggalin gue sendirian di dunia nyata... dilematis..membingungkan... ah...... CEPETAN TURUN 'WI, PRY!!!!!!!

akhirnya kita semua turun dengan selamat walau kedinginan jaya.... karena naek ojek sore2 itu ternyata dingin pisan! hehehe

jam 6.30 pm itu kita sampe di halte trans yogya, pry tiba2 ngidam duren! hahaha dasar! akhirnya kita nongkrong di pasar nungguin pry makan benda yang kabarnya enak banget itu....

jam 7 an kita naik transyogya.
"Bis Trans ini seperti semua lelaki dalam hidup gue, hanya lewat tanpa mau berhenti dan ngangkut gue!" ada curhat colongan saat di antrian bus itu...HAHAHAAHA.. emang ngak penting tapi layak di catat.. karena gue ngakak setengah mati dengernya...

jam 9an kita sebenernya sudah lelah, tapi masih ada satu agenda yang kudu di kerjakan...
Ke Memento... sebuah cafe yang baru ditemukan oleh pry... makanannya sih standart tapi nyaman banget denger gitar yang di mainkan oleh homeband cafe itu... sumpe gue seneng banget... sayang gue ngantuk dan cape beratz jadi jam 11 kita cabut meninggalkan musik keren dan suara mbak2 yang keren yang jadi pengiring cabikan gitar yang gue mau bungkus bawa pulang itu... hehehehe



27 comments:

detta aryani said...

sepasang orang yang menyangka gue lelaki! dan bikin gue ngiri karena sepanjang jalur mesjid bawah air itu mereka gandengan tangan... hehehehe.. jd gue foto aja mereka (hehehe.. balas dendam yang aneh!)

detta aryani said...

pintu yang hanya bisa dibuka 3 kali dalam setahun... yikes...

Nofi Firman said...

baguuuuuuuuuus....

agung marhaenis said...

Dett, di Jogja sekarang ada Monas ya? :)

detta aryani said...

terimakasih! usaha cukup berat saat ambil gambar ini karena ada mbak2 yang ngerasa dirinya keren pisan dan kudu di foto di undak2an itu dengan pose heboh.. akhirnya gue ndak sabar dan jerit,. Punten mbak boleh saya motret sebentar tanpa ada orang di situ? hehehee

agung marhaenis said...

Kagum dengan kemampuan memotret Detta yang melompat beberapa digit. Salhoutte!

detta aryani said...

ini ucapan selamat tinggal dari peron kepada kota yang cantik tapi brengsek... hehehehe

detta aryani said...

hehehe *sok tersipu* itu emang udah indah tempatnya, jadi gue tinggal jepret doang... hehehe

pry pry said...

mantap

pry pry said...

gue seneng deh ma tulisannya
nama gue eksis
hehehhe

pry pry said...

sebel tapi mupeng

pry pry said...

kl kesana lagi pas kemarau aja ya
lagi nya pasti yahut
cuman banyak turis
kesan mistisnya jd ilang

kemaren kalo dipikir kita adalah pengunjung terakhir hari itu ya hahhaa
pasti kita udah di intipin sama penunggu nya hehehe

Imelda Suryaningsih said...

tetep lho dia punya foto lompat :p
btw, gaya lompat loe sama mulu, wi. ganti dwong. hahahaha

rachma wati said...

Ini curhatan lo Prit?...

rachma wati said...

Jakarta tampak indah ya disini...

pry pry said...

kalo curhat gue mah ga gitu Ti
masih mending ada yg lewat, lah gue sebelum pengkolan aja mereka udah belok setelah ngeliat gue dari jauh

puasss?? :P

detta aryani said...

perasaan gue sih gitu... hiiiiii... takut!

iin rosalina said...

bagus. keren. gw bbrp kali ke yogya ga pernah ke tempat ini (*malu)

iin rosalina said...

kafe Momento di daerah mana nih?

detta aryani said...

pri, jawabin ini dong... gue ndak tahu iin.. gue diajak, dianter, sampe trus pulang.. tapi mas2 gitaris itu gokil seru pisan mainnya...

detta aryani said...

jakarta indah kalo kita mau ngucap selamat tinggal.. hehehe,,,

pry pry said...

momento di gejayan.. samping Lia - geyajan masuknya lewat jembatan merah

aku kangen kowe
hahahhah gue nemu lagu ini lagi

detta aryani said...

wakakak! itu asli anak yk yang bikin dan dijual secara komersilkah? hahaa.. gila sumpe.... gokil pisan!

Prast Lampard said...

Waaaaah... tingginya Kak Uwi gak terlalu jauh dgn Monas!

Prast Lampard said...

Waaaaaaaaaaahhh.... pengen komentarin satu persatu, tapi fotonya keren2 semua! Keren.. keren.. keren... lah pokoknya!

uwi hadjid said...

ada tuh gaya yg laen, tapi kurang sukses. kepalanya di bawah soalnya. ;P

Zustina Priyatni said...

*nunggu yang kepalanya d bawah di-post*