Monday, January 11, 2010

hibernasi

Hibernasi adalah kondisi ketakaktifan dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernafasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Hewan yang melakukan hibernasi berusaha menghemat energi, terutama selama musim dingin sewaktu terjadi kelangkaan makanan, membakar cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan. Hibernasi dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu, tergantung dari spesies, suhu sekitar, dan waktu.

Hibernasi itu merupakan salah satu bentuk adaptasi hewan terhadap kondisi lingkungannya yang ekstrim dingin. Pada kondisi lingkungan yang terlalu dingin, makanan jarang tersedia padahal sangat dibutuhkan. Berkurangnya asupan makanan menyebabkan energi yang tersedia menjadi berkurang. Padahal untuk bermetabolisme dan beraktivitas secara normal dibutuhkan sejumlah energi tertentu. Oleh karenanya, cara paling efisien untuk beberapa hewan dalam menghadapi musim dingin adalah dengan berhibernasi. Ketika berhibernasi, hewan akan menurunkan suhu tubuhnya dan melambatkan detak jantungnya, dan meminimalkan aktivitasnya misalnya dengan tidur. Tujuannya, supaya aktivitas tubuhnya semakin selaras dengan kondisi lingkungan, sehingga tidak diperlukan energi yang besar.

***
lebih ringkasnya, hibernasi adalah sebuah cara untuk tetap hidup di tengah lingkungan yang ekstrim. Mungkin ada baiknya bila saya berhibernasi dulu sambil menunggu kondisi lingkungan berubah menjadi memungkinkan untuk hidup.


:)


No comments: