Wednesday, May 30, 2007

Saat Nama Yusuf bisa terdengar tidak kampungan ....

    baru aja nonton 3 Hari Untuk Selamanya bikinan Riri Riza dan Miles...
tokoh utamanya Yusuf (Nicholas Saputra) dan Ambar (Adinia Wirasti).. pertama waktu baca press releasenya, gue sempet stuck in the moment waktu tahu nama tokoh utamanya Yusuf... mmmm... isn't that kindda old? Tapi pas film berjalan, nama yusuf yang diucapkan berulang2 kali sama tokoh Ambar, terkesan biasa aja tuh... Mungkin kasusnya sama dengan nama Joni (yang ndilalah juga diperanin sama Nicholas Saputra) di Janji Joni.. (gue sempet protes sedikit sama yang empunya film dengan nama tokoh itu)
    ato emang gue aja punya masalah sama konsep penamaan.. well eniwei.... balik lagi ke filmnya...
    menurut gue, akting Niko di sini pas banget.. ngak terlalu dibuat-buat spt di AADC, atau terlalu .. entahlah... seperti di Gie dan Biola Tak Berdawai.. rasanya pas banget... dan akting itu didukung banget sama penampilan jempolan dari Adinia Wirasti... (yang kulitnya keren banget warnanya)
    sayang, sebagaimana tiada gading yang tidak retak (apakah itu benar perumpamaannya?), sepertinya film ini kurang digarap secara serius... loncatan waktu, pengambilan angle gambar dan detailing dalam setiap adegan terasa ndak banget....entah karena gue baru aja ngejalanin road trip Jakarta Yogya jadi ngerasa sok paling tahu jiwa perjalanan itu, apa emang komentar sok tahu gue right on the nose.. hehehe..  
    tapi jangan salah, menurut gue ide cerita dan skrip percakapannya OK berat!! very laid back and natural... ndak sok puitis atawa yang neko2 semacamnya.. simply a conversation between two people that knows each other very well... emang tidak bisa dibandingkan dengan before sunrise atau after sunset sih .... tapi untuk ukuran Indonesia (here I go again with double standart... tapi right or wrong is my country rite?) ini bisalah masuk dalam jajaran film baik... terlebih musik illustrasinya keren banget dari depan sampe belakang... (salut buat MILES milih The Float untuk ngisi film ini)...
    sempet denger bahwa film ini adegan ngeganja dan sexnya bermasalah, tapi pas gue nonton filmnya... gue ndak ngerasa itu masalah ya... secara hidup anak Jakarta yang tajir jaman sekarang mah ndak jauh2 dari dua hal di atas... jadi gue ndak merasa terlalu di ekspos... lagian ini cerita ttg dua anak dewasa membicarakan hidup, masalah, dan cita-cita sehingga ganja, minuman keras dan seks jadi sesuatu yang wajar dan tidak berlebihan. Yang malah aneh adalah bila hal-hal ini dinafikkan.

    Overall gue bilang ini salah satu must watch movie... dengan kekurangan sana-sini seperti, kok ambar kadang2 di panggil May (eh ini gue salah denger ngak sih?), kok road trip hanya bergantung pada satu botol Aqua dan tidak punya peta, kenapa Yusuf harus nginep di rumah Ambar sebelum berangkat ke Yogya, tidak ada alasan kenapa ke Sendangsono jadi sebuah objek yang harus kudu dan wajib di datangi dan mentari pagi di Sendang sono tidak keliatan syahdua atau berembun, atau apalah..... menjadi sebuah pemikiran mendalam gue setelah nonton film ini... maybe it's just me .... but i really do love this movie!

4 comments:

taman kembangpete said...

hebat yah bapaknya nikolas, bela2in bikin perusahaan film supaya anaknya dimainin terus. ktnya berantas segala bentuk monopoli utk memajukan film nasional, kecuali monopoli pemain. nggak ada review film lain yg pemainnya bukan nikolas, biar gua tonton? hehe. hihihihih

detta aryani said...

hehehe... gue seneng liatin nico tumbuh kembang di dunia perfilman indonesia... lagi mau posting film lain tapi lagi sulit banget copy paste nya.. sabar yah...

Dora Theodora said...

jadi menurut lu gw HARUS nonton film ini ya? Hehehehe :p

Candra Aditya said...

bukannya before sunset ya?? hihihi