Tuesday, July 03, 2007

Jadi Penulis...

kemarin (3/0707), gue mendapati diri dihantui sama konsep "apa itu penulis" dan hal itu membuat gue merasa harus memikirkan apakah seorang penulis atau bukan...
Kata seorang pengajar teknik penulisan yang gue temui sore kemarin, PENULIS ADALAH PABRIK KATA-KATA.... deng....jantung gue berdegup, mati deh gue... kosa kata gue minim  banget... that's the reason why, I often change to english everytime i got stuck writing in bahasa Indonesia.....

Selanjutnya si ibu pengajar itu bilang untuk menjadi penulis, KAMU HARUS YAKIN BAHWA KAMU BISA MENULIS... deng.... sekali lagi jantung gue berdegup, mati deh gue... yakin itu bukan nama tengah gue....

dan terakhir ibu pengajar itu bilang, PENULIS ITU SEORANG SENIMAN.... deng.... untuk ketiga kalinya jantung gue berdegup, mati deh gue......label gue baru sampe taraf 'sok seniman' hehehe...

sepertinya gue udah kalah perang saat keluar dari pelatihan itu... tapi entah kenapa ada kekuasaan yang ada di luar sana merasa pelajaran gue ngga berhenti sampai situ, karena malamnya , seorang temen gue bilang, "Seneng deh, sekarang gue bisa melakukan pekerjaan yang gue sukai, yaitu menulis..."   Dikeremangan malam itu, gue mikir... kapan yah gue bisa seantusias itu mengenai menulis? yang selama ini terjadi adalah rasa deg-deg-an melihat tulisan gue dibaca orang saja...

Untuk menutup hari yang sudah berhasil membuat jiwa gue menyerah, film yang ditayangkan di Hallmark Channel malam itu bercerita mengenai seorang penulis yang kebingungan.. Penulis itu bilang  kira-kira seperti ini "Kalau kamu ingin menjadi penulis hebat, kamu harus siap hidup dalam kepala kamu dan meninggalkan realita." Yah, rite... I'm so not a writer...

jadi sampai batas waktu yang belum ditentukan, gue mau mencopot label penulis gue dulu yah... dan pake label 'writer wannabe' dulu deh....

6 comments:

taman kembangpete said...

setau gua pabrik kata2 itu joger :)
santai aja lah ta, menulis itu ibarat naik sepeda. lutut lecet kaki bonyok itu biasa. setelah lancar lu bahkan bisa naik sepeda lepas tangan. lama2 lu gak butuh sepeda, lu yg menjinjing sepeda hehe

detta aryani said...

hehehe...
thanks for the words of advice, o wise one..

hehehe.. sehari training aja udah mikir betapa bodohnya gue..dan masih menghadapi sebulan lagi training... wah i need my ego back!
hehehehehe

uwi hadjid said...

hihihihiii.. diajar ibu-ibu berambut perak ya ta? kebayang gak bertaun-taun semua tulisan loe dipelototin dia...

detta aryani said...

wah gue ndak panik sama dianya siy...
cuma,,,,
kok bisa yahm, semua omongan dia itu seakan meruntuhkan ego gue gitu...
padahal she's a sweet lil' ol' lady lho....

waduh besok lagi, nih....

lia namaku said...

jadi penyiar aja kalo gitu ta... :)
hiks, baca tulisan lo jadi bikin gw mengkeret ret ret ret... gw jg mau jadi penulis, tapi dalam mimpi aja dulu kali ya.... (plus dalam multiply untuk segala tulisan yang nggak penting.. eit, ini nggak bisa dikasih predikat penulis ya Ta... he he)

detta aryani said...

hehehe..
dulu gue pikir gue bisa jadi penyiar :(
(jaman dulu g suka liat temen gue siaran. ngecapruk dikit trus puter lagu.. sante beratz!)

tapi setelah liat lo siaran, li..
wadau... suseh ya 'bo...mikirin setiap kata2 yang keluar lewat mulut kwang.. kwang...
enakan nulis, bisa dihapus kalau salah.... hehehehe...