Tuesday, November 20, 2007

20/11/07

Selasa malam, gue kembali nonton salah satu festival yang sukai : Festival Film Pendek Konfiden 2007. Hari itu gue cuma bisa nonton satu program yang ditayangkan di Teater Kecil pk 7-8.30-. Judul programnya adalah "ETALASE HARI INI" yang berisi 3 film pendek. Menurut empunya program, yang mau ditonjolkan di sini adalah kata perjuangan...

berikut adalah pengalaman gue menonton ke-3 film tersebut:

MATI BUJANG TENGAH MALAM (DIE SINGLE AT MIDNIGHT)
sutradara: Fajar Nugroho

ada ekspektasi tertentu saat gue lihat nama Fajar Nugroho di buku program. Gue inget dulu dia pernah bikin film berjudul Jogja Needs A Hero dan itu nempel banget di kepala gue... nah dengan berharap melihat sesuatu yang similar, gue memandangi layar di Teater Kecil malam itu.

temen gue pernah bilang 'jangan berharap, karena harapan itu bikin kita nggak menghargai apa yang kita dapat'
well... omongan itu pas banget sama apa yang gue alami saat nonton film ini. Gue mengharap adegan lucu namun sinis, yang gue dapat cerita tanpa ketawa. Gue mengharapkan ide out of the box, tapi yang gue dapatkan adalah hal2 yang sudah pernah gue tahu sebelumnya.... mmmmm....

tapi setelah pulang-tidur- dan memikirkan ulang tentang flm ini, gue kudu mengakui bahwa film ini baik kok.. cerita yang runtun dan berkait dengan awalan sampai ending yang tersusun rapi, sehingga yang meninggalkan pertanyaan di kepala gue. Komplain gue cuma soundtracknya yang menurut gue kebanyakan dan karakter Armand yang cum laude, punya pacar keren, tapi kok tidak pede... ahhh.. tapi yang terakhir ini mungkin karena belum banyak gue kenal karakter orang, jadi yang abu2 kaya gini gue ndak dapet...

tapi overall, it's a good movie with a great idea...

MERAH PUTIH DI JAM 7 LEWAT 10
sutradara : Christ Oscario

pertama2 gue mau bilang salut sama sang film maker karena menentukan waktu masuk sekolah itu jam 7.10... :) banyak film yang bilang masuk sekolah itu jam 7 teng.. tapi sekolah gue, waktu masuk sekolah itu jam 6.55... jam 7 teng itu waktu guru masuk kelas... jadi kalo liat orang bilang masuk sekolah jam 7, gue rada merasa teralienasi dari kelompok orang normal. saat liat jam masuk 7.10, yang gue pikir wah..... ternyata ndak cuma gue yang aneh....

Ide film ini keren! mengupas "beda" dengan cara sederhana tanpa melebih-lebihkan dan tanpa memberi penilaian... acungan jempol sama ide membuat sang kepala sekolah yang "manusiawi" --ini bagian favorit gue--

sayang mungkin ada kendala bujet jadi adegan hujannya terlihat ....mmmm... ngga meyakinkan.. hehehehe...

tapi overall great film! Congratzz untuk film makernya!

DI ATAS REL MATI
sutradara : Nurfitria Napiz, Welldy Handoko

dalam program ini, this is my favorite film! mungkin memang gue suka banget sama dokumenter kali yee... tapi nilai plus dari film ini selain keren banget ceritanya, gue jadi mendapat pengetahuan baru mengenai anak-anak pendorong lori di daerah ancol, yang sama sekali tak pernah gue tahu sebelumnya....

karena dokumenter, akting dan jalan ceritanya terasa enak untuk dilihat... mmmm... ekspresi yang demikian ini yang ndak bisa dicontek oleh aktor Indonesia... salut berat untuk film makernya.. saat nonton ini gue kebayang usaha keras mereka untuk masuk ke kelompok ini sampai bisa mendapatkan kisah2 tulus dan komentar2 jujur dari para pendorong lori ini...

setelah nonton film ini, gue cuma menarik napas sambil tersenyum dan berkata "GILA, Negara gue kaya banget kisahnya!!!"

:)
well, segitu dulu folks pengalaman gue , kalau mau ngerasain pengalaman yang sama nonton film2 seru, call me aja.. ntar sore gue nonton lagi !

4 comments:

agung marhaenis said...

det, kok gak ngajak aku?

detta aryani said...

wahaha....
aku kan pemalu, mas...
kalau mau langsung sms aja, mas hehehe.. paling aku berangkat jam 6 an

Jalan Pulang said...

kata eyang titiek: sebelah hatiku malu....sebelah hatiku mau....;p
makanya jangan malu dong kalau mau minta diantar ke...mmmm... aduh apa itu namanya... mmm.. ah begini deh kalo cuma nguping aja...;p

detta aryani said...

jalpul!!!!!
menggangu saja! ini kan post ttg film! :)
jadi malu kan.... sama dunia ....