Thursday, February 21, 2008

Sebenernya apa sih maunya?

"Coba bayangin, umurnya baru 23 tahun dan dia sudah punya apartemen seharga 2,6 M!
yang contoh lain juga, anak masih muda yang sekarang sudah punya Honda Jazz dari duit sampingannya ngerjain ini... padahal dia presentasinya door to door lho...."

pasti kalian udah nebak orang di atas lagi ngomongin apa. Yup, mbak2 tinggi, cantik dan bersuara cadel itu memang sedang bercerita mengenai MLM.
gue denger dia sedang ngajak temennya untuk ikutan....

"Lo pasti suka deh, kan lumayan uangnya...." dia nutup penjelasan panjang lebar mengenai MLMnya

mmmm... gue yang tengah dilanda kengantukan sore hari tiba2 merasa ada rasa aneh menyergap.... wah, gokil.... apakah ini alasan orang bekerja ? untuk uang? 

mmm....
masalah ini masih berlanjut ke pagi berikutnya. Sebuah email masuk ke inbox gue dan bercerita mengenai EQ tinggi menyebabkan seseorang dengan latar belakang pendidikan tak begitu bagus yang bisa menyusul Anda (yang notabene keluaran sekolahan bagus dan IP bagus) dalam karier... dan kemudian email itu menyebutkan trik2 untuk meningkatkan EQ agar karier anda sukses...

wekkkssss... gokil, gue kembali terpana.. wah apakah alasan ini juga alasan orang untuk bekerja?

akhirnya gue bengong mikirin semua ini... kalau memang seluruh dunia berpikir demikian, waja aja dong orang tua gue menentang pilihan karier gue dan tujuan hidup gue....

tapi sekali melirik temen2 gue yang sedang tekun bekerja di mejanya masing2, hati gue merasa nyaman lagi karena.. well, I'm not alone in this world... masih banyak orang yang memilih pekerjaan bukan karena uang, jenjang karier atau fasilitas keren yang disediakan..masih banyak juga orang memilih karier dengan tuntunan hati mereka. Dan hasil akhir yang mereka dapatkan bukan apartemen mewah, mobil keren yang lunas atau posisi yang mentereng,.... tapi sebuah rasa bahagia karena berhasil memberi makna dirinya di dunia...

29 comments:

mumu aloha said...

yah memang terlalu banyak kibul di dunia ini yg dikukuhkan menjadi dogma. berbahagialah yg msh punya sikap sendiri.

tulisan yg bagus.

* KaosOKE * said...

wah bener bangeeeet...
tapi keknya bukan lagi nyritain gw yah...(yg punya apartemen 2,6 M itu tuuh hehehehe )

nice posting eniwe..

'M ' said...

hmmm :">
iya...
gue tenang kembali

detta aryani said...

hehehee.... penasaran sama apt 2,6 M euy.. ada apa yah di sana... (minta diajakin liat gitu, gue... hehehe)

detta aryani said...

reply yang bagus juga :)

detta aryani said...

hehehe,...
ngak nyangka orang kaya elo bingung mikirin pilihan hidup :)

'M ' said...

Hhhaaahhh
kayak gueeee???
ekekekeke
Gue selalu bingung untuk berbagai hal kok. Misalnya:
"Hmm mandi nggak ya? Kalau mandi, dingin, airnya lagi mati. Kalau gag mandi, gag pa pa juga sih secara gag keringetan ini, tapi kan kesadaran kesehatan dan kebersihan gue ini mengganggu pikiran gitu..."
"Hari ini makan apa ya? Keluar, males. Masak, males. Pesen delivery, nggak punya duit."
"Mi rebus apa mi goreng ya? mmm... Kenapa gue makan mi siih? Mm... rebus rasa apa ya? Mana yang kadar racunnya paling sedikit, rasa ayam apa rasa kari pedas..."
Begitulah dan seterusnya...

eheee....

Yanti Novita Aslim said...

keren... :) itu juga sering jadi pertanyaanku. aku ngerasa diriku kurang ambisius. sepertinya menurut orang lain itu kurang bagus. buatku, well.. jalanin dulu deh. semakin pusing mikirin target, nanti semakin ngga bisa kerja dan jadi ngga maju juga.. *phew*

serny olive said...

seperti yang suka gue bilang Dhet, masalahnya gak semua orang kayak loe....

Imelda Suryaningsih said...

ya iyalah!! kalo gue gak kerja, gue gak punya uang. kalo gue gak punya uang, gue gak bisa jalan-jalan. kalo gue gak bisa jalan-jalan, ya gue gak bisa kerja. muter mulu kan di situ. kayak lingkaran setan :))

detta aryani said...

walah orang kaya elo mah, boong kalo kerja buat duit! hehehe... lo bisa milih kerja 24 jam di firma itu dan dapet duit sebundel tiap hari, tapi malah milih di tempat indah yang kudu berjuta2 bulan ngumpulin duit agar bisa minta cuti seminggu ke gunung (kawi?) hehehe...

Prast Lampard said...

Slank bilang dalam lagunya:

Di sini tempat cari senang...
Salah tempat kalau kau cari uang...
Di sini orang-orang penuh kreativitas...
Tempat orang-orang yang survive...

Di sini bukan anak-anak malas...
Tempatnya para pekerja keras...
Di sini bukan anak-anak manja...
Sedikit kerja banyak mintanya...

Imelda Suryaningsih said...

gak perlu berjuta2 bulan kok ngumpulin duit buat ke gunung. cukup sering-sering ajah makan siang di kantin yang gratisan. jadi kalo loe mulai liat gue sering makan di kantin, itu tandanya bentar lagi gue mo naik gunung :))))

naboi lucu said...

2,6 M??? gimana bentuknya ya? mungkin itu yang dulu gw sebut "uang segunung" waktu gw masih anak2.
Orang MLM itu sadar gak ya kalo mereka itu nakutin? Karena kalo ngeliat tampilannya necis bgt dan sok akrab-sok deket. Dan tiba-tiba ngejebak kita pake bualan tai kucingnya do'eh.. Mendingan kaya preman skalian deh, dah jelas! Gak ada sok akrab-sok deket ma skali, dah nyeremin!

detta aryani said...

hahaha.. udah mulai ndak percaya sama perjuangan Slank sejak mereka jadi iklan di mana2.. kaga nyari uang, yeah rite! (sinis mode on)

serny olive said...

gak bisa salahin mereka juga, itu kan uangnya yang dateng sendiri, bukan mereka yang nyari hehehe
lagian, kan masih ada keluarga yang harus mereka biayai, belom lagi orang2 di sekitarnya kan dapet rejeki juga

detta aryani said...

gue sih ndak masalah sama MLM, gue cuma kaget kalo ternyata daya tarik pekerjaan yang utamanya adalah uang ... hehehe.. mungkin karena ndak ada pekerjaan yang nawarin gue duit gede yah hahahah...

detta aryani said...

gue cuma bermasalah sama klaim mereka aja...... bukan sama duit maun diapain.... as if aja gitu.....hehehe...

lady fitonia said...

h,,, bener juga si,, tapi kayaknya sekarang mesti a bit realistic juga,, gw baru denger temen sekubikel gw, masukin anaknya sekolah SD 12.9 juta perak!! naah, can idealism afford that??

detta aryani said...

anjrot! gede banget... ndak ada SD yang murah ya? hehehe...
sebuah tip keren dari seorang "pakar" keuangan yang pernah bikin talkshow untuk tempat gue bekerja bilang TK, SD, SMP, SMA yang standar aja.. nah pas kuliah baru yang keren beken dan tentunya mahal.. hehehehe.. tapi omongan sang "pakar" bukan harga mati kan? jadi semuanya optional...

denger ini bikin gue deg2 an apakah anak gue kelak bisa jadi pemuda penerus bangsa karena gue (sebagai ibunya) ndak bisa memberikannya pendidikan yang baik... hiks.... (maapin mami, ya nak..... HUAHAUAHAHAHA)

yuna davina said...

Det, comment gue kepanjangan kalo ditulis disini. Kesini aja kalo lo mau tahu.. hehe :
http://ydavina.multiply.com/journal/item/5/When_Money_Is_All_That_Matters

detta aryani said...

orang gila!!!!
tapi tulisan lo mantap berat, bu... makasih atas pemikirannya I respect it, although... sorry to say.. I'm sticking with my own this time... dunno why.. mungkin olivetembem said it rite the first time "nggak semua orang kaya elo. det..."

lady fitonia said...

serius, gw gak bo'ng, itu juga dengan kondisi rebutan sama ortu yang laen, dia peserta terakhir (maklum wanita karier), hampiiiir nyaris gak kebagian formulir, padahal sekolahnya aja baru mulai bulan juni, tapi udah repot dari sekarang,, makanya kalu sampe gak kedapetan, dia bisa resign, masa ngurus perusahaan segede bagong bisa tapi ngurus anak sekolah aja gak bisa,, gawat kaan,, btw, she's my role model in the office,, seorang wanita super yang bisa me manage semua nya dengan sangaaaat baaaaik (usia 33, bersuami satu, beranak 2, dan karier sangat baik di kantor)...

Imelda Suryaningsih said...

mahal nggak selalu yang terbaik :p

detta aryani said...

semoga ini bener, tapi gue maunya sih percaya!

serny olive said...

bisa gak, kl idealisme & materi setidaknya bisa sejalan? maksud gue, keduanya gak 'buta'

detta aryani said...

bisa banget!!!!
kaya jadi JK Rowlings (?) berkutat dengan pekerjaannya sebagai penulis.. dan rela mengakhiri HarPot saat dia tahu harus berakhir...

sekarang baru bisa mikir itu sih...

Yanti Novita Aslim said...

true. kalo pilih sekolah mahal, harus berani ambil resiko buat satu hal lagi, anak kita jadi konsumtif dan materialistis karena temen2nya bisa jadi anak2 orang kaya atau middle class yang gengsian.

lady fitonia said...

makanya mari kita giat bekerja keras dari sekarang, kurangi belanja tidak penting dan mulai berinvestasi, agar bisa memberi kehidupan yang terbaik untuk anak kita dan keluarga kita nantinyaa,, merdeka! =)