Wednesday, December 09, 2009

FILM PENDEK BODYSHOP: sebuah pengalaman menonton

Sebuah program kompetisi film pendek dengan tema Empowering The Young Generation 

2 kategori/ 3 tema/10 film 

I GLOBAL WARMING 

1. SMA 
Hutan Terakhir 16'07
Anthony Ricardo, Aliya Putri Andini dan M. Andhika Pamungkas 
SMAN 4 Bandung 

idenya keren.. datanya banyak.. tapi kok kurang imajinatif ya angle ceritanya ... memang saya tahu bahwa ini adalah sebuah topik yang berat tapi... yah... tapi tenang ... perjalanan masih panjang... 

Siapa Butuh Pabrik Sampah 18'27 
Sylvania Naeswari. Gina Firdani dan Gantika Andriansyah Putri 
SMAN 4 Bandung 

:) menarik ceritanya.. tapi sama seperti di atas... kurang di kulik... jadi seperti sebuah berita tv... (eh ini bukan berarti berita tv itu tidak menarik yah.. cuma yah just plain news aja ndak menyentuh) 

Jangan Jual Ruang Hijauku 07'44 
Devi Apriani, Utama Jaya W, dan Wulan Darma P. 
SMAN 3 Denpasar, Bali 

idenya cihuy.... datanya seru! tapi sama masalahnya tetep mengenai cara penyampaian bak tv itu, lho.... :) 

Yang Baik Kok Kalah 12'04 
Putu Harum Bawa, Juni Surya dan Trisnandari 
SMAN 3 Denpasa, Bali 

satu-satunya film dalam tema ini yang BEDA...angle ceritanya lebih sederhana .. langsung fokus ke satu orang yang menjadi tokoh utama di cerita ini. bagi saya sih ini lebih mengena... seru! global warming dilihat dari sudut spesifik yang akhirnya menohok ....congratz... film Anda-anda keren pisan... thx ya... :)


2. AMATIR 

Januari 2009 06'04
Timoti Tirta 

:) nyengir .. idenya keren... tapi menurut saya runtunannya kurang menggigit.. kenapa? karena saya belum merasa ketampar karena suka buang sampah sembarangan... entah, kenapa saat nonton ini saya bayangin ini cerita bakal lucu kalau pakai flashback.. di track back dari mana si plastik... hehehe.. sampai akhirnya ketauan siapa yang bikin banjir... hihi... tapi salut banget bahwa si film maker punya footage before and after banjir di rumah yang sama... :) 

Tasik, Kausik ku keusik 13'54
Deny Setiawan 

Gila !!! ide nan gokil! dapet cerita ini dari mana sih? gue ngangga ngikutin ceritanya... ya ampyun bangsa seperti apa kita ini.. salut! keren ceritanya... :) 

II HIV/AIDS 

Mereka Kuatkan Aku 12'19 
I Dewa Ayu Diah, I Nyoman Agus dan Syaman Sara 
SMAN 3 Denpasar, Bali 

yang saya patut acungi jempol adalah menemukan tokohnya di sini.. risetnya pasti cihuy! tapi menurut saya belum mengkerucut ceritanya dan endingnya menggantung bikin saya berkerut saat menonton sampai habis... 

PM the agent of change 12'33 
Ratna Kesuma Dewi, Ayu Nia Bara dan Ni Made Nyuwita Dewi 
SMAN 1 Sukawati, Bali 

kisah seorang penyuluh muda itu sebenarnya menarik... tapi kok ndak terlihat kalau yang bikin anak-anak yah? serius sekali pemaparannya... :)

III VIOLENCE AGAINST WOMEN 

Jangan sebut itu cinta!!! 16'00
Medina Rachma, Lupita Mayangsari dan Nefertiti Yunizare 
SMAN 1 Yogyakarta 

Sumpehhh... keren pisan! sederhana, anak muda, dan tentunya pesannya nyampe beratz ke penontonnya... :) acungan dua jempol... keep up the good work!! seru banget saya nonton film ini sampai terkekeh-kekeh walau saya tahu ini masalah yang berat dan harus dibrantas... 

Love than Leave 15'32 
Anastasia Praditha, Ketty Tresianah, Mia Amalina 
Gabungan SMA Jakarta 

Dengan VO ... film ini jelas mau cerita apa, tapi menggangu sekali saat tiba-tiba ada psikolog yang membahas masalah kekerasan itu .. aih.. kenapa saya berasa seperti melihat iklan hotline ? 



-----
thx buat temen nonton saya malam itu yang rela nemenin sampai film habis... :) 



No comments: