Tuesday, June 19, 2007

Menawar...

dari dulu gue paling anti menawar.. entah kenapa, rasanya sungkan banget untuk melakukan kegiatan itu.. berbeda dengan emak gue yang punya prinsip "everything on sale can be bargain" .. kalau gue cerita belanja apa or jalan kemana... pertanyaan dia yang pertama adalah "udah ditawar belum.." aughhh... (tapi untuk menyenangkan dirinya gue selalu bilang "udah, mak.. tapi that's the lowest price" .. padahal pada realitanya gue cuma nawar sekali, dan kalo kaga dikasih gue ikutin aja harga tawaran pertama --*sigh* susah ya jadi anak baik untuk ortu--)

well, kemarin gue ketemu sama seseorang yang bisa memberikan sebuah alasan logis akan keenganan gue menawar (ngaku deh.. dulu gue males nawar hanya dengan alasan just because, thanks to her, gue punya reason yang keren banget)

alasan mbak itu ingin membuat gerakan anti menawar adalah "bila kita menawar, produsen akan berupaya terus untuk membuat benda yang tetap menghasilkan keuntungan walau di tawar segila apa pun. Upaya produsen ini dilakukan at all cost untuk bisa mendapat keuntungan tersebut. Hasil yang didapat produk yang kita dapatkan menjadi produk dengan kualitas buruk" ...
contoh dari mbak itu adalah kalau kita belanja sayuran jangan maksa beli sawi dengan harga murah, kalau terus2an dipaksa itu.. produsen sawi akan terus ngasih pestisida pada tumbuhan sawi supaya panen selalu berhasil.. dan kita end up eating more pestiside than the actual sawi.. hehehe...

OK gue ngak menafikkan bahwa teori bakal banyak bantahannya.
tapi look at it from this side, bila produsen bisa bener kasih kualits baik, dan konsumen bener2 mau membayar sesuai dengan harga plus keuntungan untuk melanjutkan usaha itu. tentunya kita bakal idup di dunia yang lebih baik bukan? ngak perlu bohong, curang atau hal2 buruk itu..

menutup tulisan omong kosong ini (cie ketularan gairah nulis thesis seorang temen nih, jadi nulis pake kesimpulan) gue ngutip omongan bokap gue yang heran liat nyokap gue nawar sebuah lampu tempel di kota kecil yang mereka lewati waktu jalan-jalan setahun lalu " ah.. masa itu aja ditawar sih, Mah.. Emang kalau disuruh bikin sendiri dengan harga itu, Mamah mau?"

hehehehe....



2 comments:

Shinta Kertasari said...

jadi jangan ditawal lagi ya det... oe dah kasih halga bagus... bonus mah cincaii.... eh.. yang 1 giga lebih mulah.... mau?????

detta aryani said...

ngenyek... hehehe.....
gue sudah merasa terpenuhi lahir dan batin dengan kapasitas yang ada..