Thursday, June 05, 2008

Robert Downey Jr

saat membahas rancangan tulisan untuk edisi depan dengan sepatungu.. tiba-tiba mata gue tertumbuk pada tulisan "Iron Man : The Comeback of Robert Downey Jr" di cover TIME -Asia, May 2008.... walhasil, majalahnya gue sandera dan gue terpekur pada wajah Robert Downey Jr memenuhi 1 halaman  dengan kalimat tertulis 'Why is this man smiling?"

Gue suka banget sama orang ini...bukan karena dia --180 dan jago maen gitar (hahaha)-- entah kenapa setiap kali gue liat dia bermain di film, ada kesan kuat banget yang terpancar dari bapak yang satu ini. Film-film yang dia buat, bukanlah film kesukaan gue... tapi tiap kali gue berkesempatan nonton, gue cuma bisa bilang gokil! berasa banget kekuatan dia sebagai seorang aktor.

nah, di artikel sepanjang 2 halaman di Time Asia ini, gue jadi ngerti kenapa dia bisa jadi aktor sebesar itu... 'Downey prepped for three weeks for his one-hour screen test for Iron Man. "You run (the scene) until your subconscious can cough it up with ease." begitu ujar Downey...

dia ndak akting.... tapi dia berubah jadi orang yang dia mainkan!
itu bikin gue merinding... ada toh orang yang beneran suka sama sesuatu sampai demikian....

kisah keren dari Downey lainnya adalah masalahnya dengan alkohol dan drugs yang sudah bukan rahasia lagi (menurut artikel dia mulai hal2 ini sejak umur 13 tahun, saat jadi bintang di film-film underground milik bapaknya). Setelah beneran bersih sejak tahun 2000-an, Downey punya pemikiran yang beda dengan seleb2 yang bebas narkotika. Begini kisahnya, suatu kali, ada penggemar yang bila "You've always been one of my favorite actors because we kind of share the same difficult past, if you know what i am saying." Downey jawab dengan polos, "Are you a war veteran, too?"

Banyak orang mempertanyakan alasan Downey membelokkan pembicaraan --yang terang-terang mau membahas mengenai addiction itu-- ke arah yang lain. Menurut bapak ini, 'being a poster boy for recovery is just another form of narcissism.' Kutipan keren dia mengenai hal ini : "I know this : I'm not the recovering guy, and I'm not the drug-addled ne'er-do well, you know? I'm neither of those. I want out of that game. I want nothing to do with it. I want to do my work." 

entah pagi ini memang sebuah pagi yang aneh, atau emang artikel ini keren abis2an...what ever the reason, gue pengen ngacungin jempol sama orang ini... sambil berharap gue nanti juga bisa seperti dia tahu apa yang dia cintai dan bagaimana cara untuk mempertahankan hal-hal yang dicintainya itu...

-sekian-

14 comments:

rachma wati said...

soo Detta :p

detta aryani said...

ah, bisa aja kamyu!

uwi hadjid said...

udah nonton?

Imelda Suryaningsih said...

oooohh... ternyata seperti robert downey jr.

detta aryani said...

belum nonton (Iron Man, kan maksudnya?) nunggu reda dulu hype-nya film itu.. dan nonton dengan tenang....

detta aryani said...

yup, (pemain film favorit gue, maksudnya)

Imelda Suryaningsih said...

iron man = cowok setrikaan :D

uwi hadjid said...

nontonnya dengan siapa doooong.......

detta aryani said...

sendirian aja kali ye... kalO be-duaan (yeah rite, kadang gue suka ngeganggu yang sebelah gue dengan komentar2 ngak penting gue... hehehe)

imelmow imelmow said...

Akupun mencintai pria ini.....tak peduli dia nggak bermata sipit dan bolak-balik masuk jeruji....dasar cinta buta!

aku eLmo kamu siapa said...

me likey Downey. semenjak liat dia di ... oke, Kiss Kiss Bang Bang yg mana adalah film dia yg lumayan baru. tapi berasa dia maennya puwol banget!

dan beliau yg satu ini bikin album lho Det! asik2 banget lagu2nya. jazzy2 dan rada dark gitu. keren.

detta aryani said...

wah... mau denger!

aku eLmo kamu siapa said...

ada di produksi XD

lady fitonia said...

yeah rite, dia orang kedua yang gw kagumi berat setelah jude law, damn great this guy..