Sunday, December 06, 2009

Festival Film Pendek Konfiden 2009- 21 November 2009

Festival Film Pendek Konfiden 2009-

SABTU, 21 November 2009

Saya sudah memploklamirkan bahwa hari sabtu-21 november 09—saya dedikasikan sepenuhnya untuk nonton Konfiden. Jadi sejak siang saya sudah nongkrong di TIM tak peduli serigala walau selama seminggu saya kurang tidur karena pekerjaan kantor yang menggila *maksudnya di kerjakan sama orang-orang gila, wahahaha * eniwei.. hari sabtu ini ada 3 kompetisi, 1 sinema besar dan 1 program non kompetisi. Berikut adalah pengalaman menonton saya pada hari tersebut.


Kompetisi 1

SEJARAH

 

Fronteira

Emil Heradi/FFTV-IKJ

Fiksi/2008/26’00

Panjang sekali film ini, itu pendapat saya saat menonton film ini. Banyak sekali lapisan cerita  yang mau disampaikan sehingga saya merasa seperti terseret-seret dalam sebuah cerita yang semakin lama semakin melebar. Aih… saya jadi tercenung memandangi sebuah film yang menurut saya lebih baik untuk dijadikan film panjang.

Hal yang mengagetkan saya adalah aktor film ini—karena biasanya anak sekolah film ini entah bagaimana selalu punya cara mendapatkan aktor-aktor ciamik--- kenapa di film ini saya tidak mendapatkan itu yah?

Tapi seperti film2 keluaran sekolah ini, gambarnya selalu jempolan dan prop-nya selalu cihuy!

 

Sabotase

Hadrah Daeng Ratu/FFTV-IKJ

Fiksi/2009/15’00

THIS IS MY PICK ! Lagi-lagi dari sekolah itu, jadi tentunya cantik gambar dan pemilihan lokasinya bikin saya merasa bahwa di sekolah ini ada daftar lokasi-lokasi asyik untuk berbagai film… hehehe… kenapa saya memilih film ini? Karena ceritanya jelas, fokus dan digambarkan secara sederhana, selain itu pemerannya semuanya cihuy! Hehehe *adegan anak kecil nangis sambil mukul ibunya sendiri itu paling keren! So natural! * Me likey!!!

 

Tan Malaka

Erik Wirawan/FFTV-IKJ

Fiksi/2008/24’00

Mungkin ada virus yang menjangkiti film maker di negara ini yah? Namanya ndak bisa jadi raja tega motong cerita? J belakangan ini saya nonton film yang selalu jadi mbleber ke mana-mana ceritanya. Aih…. Jangan dong.. (eh siape elo, det.. nyuruh orang! Hehehe.. namanya juga usaha J )

Sekali lagi jempol diacungkan untuk pengambilan gambar, setting dan prop yang menurut saya SANGAT SEMPURNA!!! Aih! Pada makan apa sih anak-anak sekolah ini.. hehehe…

Tapi panjangnya itu lho, bung… memang saya sadar bahwa sulit sekali memotong, memilih dan mengisolasi satu cerita dalam hidup yang pernuh warna dari seorang yang begitu besar. Tapi tidak mustahil, kan? Hahaha… saat keluar dari film ini, saya mendengar bahwa film ini rencananya mau dibuat film panjang ya? Well, selamat!!!

 

 

Kompetisi 2

WAKTU

 

Sampai Besok

Lucky Kuswandi, Naya/fridayni8htfilm

Fiksi/2009/24’00

THIS IS MY PICK! This is my kindda movie.. hahaha.. * secara* saya adalah orang yang sangat cheesy dan menye-menye.. hehehe… jempol buat lokasi, ide dan pemainnya…. Obrolan-obrolan wajar antara sepasang kekasih (jadi inget sebuah film kesukaan yang isinya obrolan cerdas antar dua orang) bikin mau ngak mau gue jadi hanyut secara emotional sama ceritanya… halah…

“Help me pack!”

“No, I’m reading a book. ”

“But you’ve read that book.”

“Yeah, but I want to read it again.”

Halah, a tear almost rolled on my cheek. Damn! Sempurna banget script itu!

I’m familiar with that feeling karena baru beberapa hari sebelum ini gue ngebantuin seorang sahabat pindah ke seberang samudra dan gue sama sekali ndak mau ngebantuin masukin satu baju pun ke kopernya… hahahaha…(‘ting.. if you are reading this.. ketawa dong!)

 

Nemesis

William Chandra/RGB Pictures

Fiksi/2009/14’10

 

Film yang indah, mata saya benar-benar menikmati suguhan ini!   Dengan cerita yang padat dan fokus, film ini suguhan yang sempurna… No more to say kecuali, terima kasih sudah membuat film indah ini… J

 

The First Nation on Mars

Nala/ FFTV-IKJ

Fiksi/2008/08’20

“Sebuah joke yang terlalu lama,” begitu ujar seseorang saat membicarakan film ini. Well, kalo saya sih tak merasa demikian. Lucu, menghibur, tapi tak membuat saya ingat akan film ini tahun depan.

 

Hide and Sleep

Ismai Basbeth/Hide Project

Fiksi/2008/16’00

Menurut saya ini satu contoh cerita bleber ke mana-mana lagi… walau saya akui idenya baik sekali di tambah angle-angle keren… yah, sayang ceritanya ndak terbungkus rapi sehingga saya jadi bingung mau memahami apa.

 

 

Film Pendek :

SINEMA BESAR

 

Charlotte et Véronique, ou Tous les garçon s’appellent Patrick

Jean-Luc Goddard

Fiksi/1957/21’00

NDAK NONTON.. ASYIK NGOBROL!

 

Le Lion Volatil

Agnés Varda

Fiksi/2003/12’00

J Aih… emang bener yang di ucapkan saykoji… tentang cinta… hahahaha J

 

Afrique sur Seine

Mamadou Sarr, Paulin Vieyra

Dokumenter/1957/21’00

Ini bukan film, ini puisi yang cantik di layar film… J

“Paris where is your street paved with gold?”

gubrak!! Tiba-tiba saya merasa sangat sedih melihat film ini… it’s ironic! Seorang Indonesia menekuri sebuah film yang dibuat oleh seorang Afrika yang memaparkan upaya kaum kulit hitam itu mencoba menciptakan rumah baru di Prancis. Rasanya surreal berada di bioskop itu dengan film itu mendengar kalimat-kalimat itu terucap. Masalah mengenai citra diri, penerimaan dan upaya-upaya kesetaraan adalah konsep yang sudah lama ada, dan sayangnya akan terus ada. Film ini membuat saya berpikir. Aih, hidup itu ternyata tidak mudah sama sekali!

 

Kompetisi 3

KENANGAN

 

Kabar Gembira

Nicholas Yudifa A.W./ FFTV-IKJ

Fiksi/2008/23’00

Semoga ndak bosan sama komentar yang sama terhadap kumpulan anak-anak cerdas yang entah bagaimana selalu mendapatkan setting, angle dan pemain yang ciamik! Heheheh… mata saya merasa nyaman sekali.. walau entah bagaimana, saya merasa mengenali cerita ini dari dahulu. Tapi tetap, terima kasih dan ditunggu karya selanjutnya!

 

Hujan Tak Jadi Datang

Yosep Anggi Noen/56 Films

Fiksi/2009/16’00

Bingung, gregetan dan kembali bingung. Aih, beginikan definisi selingkuh di mata orang selain saya? Keluar nonton jadi malah binun sendiri…

 

Anak-anak Lumpur

Danial Rifki/FFTV-IKJ/Jakarta

Fiksi/2009/20’00

THIS IS MY PICK! Pas nulis pengalaman nonton ini, saya baru sadar kalo ini anak IKJ juga.. wah, pantes… J hehehe.. saat nonton tiba-tiba saya teringat novel klasik berjudul Tak Putus Di Rundung Malang…  ucapan seorang teman yang berkata , “shit happens, teman!”  dan di film ini.. shit really happens dan saya merasa bersyukur bahwa film ini bukan dokumenter, karena harusnya hal ini tidak boleh terjadi di dunia nyata… L

 

 

 

Non kompetisi:

PIJAKAN YANG TIDAK KOKOH

 

Pabrik Dodol

Ari Rusyadi/FFTV-IKJ

Dokumenter/2009/10’00

Saya selalu iri terhadap channel NG atau Discovery yang kerap memperlihatkan bagaimana sebuah pabrik menciptakan sesuatu. Tapi karena film ini, saya tak iri lagi.. Keren pisan, euy! Ndak jadi iri sama orang bule yang bikin film-film itu, karena kita juga punya dan juga keren.

 

Karena Aku Sayang Markus

Danial Rifki/FFTV-IKJ

Fiksi/2007/18’00

Filmnya sih ndak tercerabut dari ingatan sampai sekarang, tapi ndak bikin saya emosional membayangkannya…

 

Traffic Jam

Tam Notosusanto/Salto Films

Fiksi/2008/17’00

Sebagai orang Jakarta yang sering terjebak macet, entah kenapa saya tak merasa sedang melihat/berada di tengah kemacetan saat menonton film ini. And that’s all that I could say.

 

 

7 comments:

Candra Aditya said...

wuehehe... dibahas satu per satu...

detta aryani said...

wahahaa.. sekedar ucapan makasih buat semua orang yang membuat saya bisa nonton film asyik2 di atas... :) sebuah kebiasaan tahunan.. :)

Candra Aditya said...

hehehe... khusus yang 'its not raining outside' kok nggak panjang... hahaha

detta aryani said...

lho, ini kan bukan review tp pengalaman nonton... :) yah.. pengalaman nonton gue kan cuma segitu doang di film itu...

Candra Aditya said...

..........................................................................

*ngakak berkelanjutan*

detta aryani said...

dasar anak kecil yang aneh :)

Candra Aditya said...

anda bukan orang pertama yang mengatakan hal ini. just for your information. wkwkwkwkwkwkwk