Thursday, October 11, 2007

kerajaan jawa

kepala gue lagi penuhi dengan kisah kerajaan mataram di abad ke-18 nih.
segala intrik dan kisah romansa pertengkaran saudara membuat gue tergila-gila.. padahal gue lagi nggak baca buku cerita... gue lag baca buku-buku sejarah tentang masa itu.. seru, menegangkan..

ada cerita yang gue inget waktu jaman sekolah dulu mengenai raja bernama amangkurat... dulu gue menghapalkan mereka dengan cara amangkurat 1 pro belanda, yang kedua banci karena plin plan dulu pro pemberontak tapi terus balik lagi pro belanda... terus yang ke-3 kalah karena melawan belanda..

pas sekarang gue baca kisah itu lagi, gue menemukan diri memiliki pandangan yang berbeda.. sekarang yang terlintas saat baca kisah itu adalah, gosh .. sulit sekali membuat keputusan saat dirimu adalah seorang raja. Langkah mana yang harus dipilih.. mengikuti belanda dengan menggadaikan tanahmu atau memilih memberontak dengan risiko perang yang juga akan meluluhlantahkan kerajaanmu..

tulisan ini sebenarnya adalah sebuah permintaan maaf kepada Raja-raja yang gue cemooh waktu jaman sekolah dan langsung gue beri label tidak bagus dalam memerintah. Maaf karena gue nggak tahu bahwa banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memutuskan sebuah langkah dalam pemerintahan... terutama buat Anda, Amangkurat II.. maaf beribu maaf.. udah kasih label macam-macam... now i know better.. :)

=oh ya mau nyelipin kata makasih buat bos gue yang pasti lagi baca multiply... makasih buat kerjaannya, yah.. nggak nyangka tulisan ini bakal jadi seru banget.. eh sori ngelewatin deadlinenya.. ntar gue kirim pas liburan.. hehehe :P

5 comments:

Shinta Kertasari said...

hehehehe isi kepala kita sama kali ya sekarang ...

detta aryani said...

gokil berat yah kerjaan kita ya, mbak.. yang lucunya adalah tiap literatur punya gaya bercerita yang berbeda dan tanggal2 yang beda pula.. hehe gue jadi bikin timeline dulu sebelum akhirnya ngeh what the hell happened back then .... uufff.. untung udah kelar sekarang..

Shinta Kertasari said...

Yoiii, di tiap literatur ada versi yang lain dengan tahun dan kejadian yang agak-agak beda hehehe mana sekarang pusing inget-inget si ibu ngomong apa ya waktu itu :(( gue belum kelar!!!!!

ric ky said...

mo baca ah

detta aryani said...

wah...
mangga atuh... cerita2 tentang pengalaman membacamu, ya pak..
mungkin ada pencerahan lagi buat gue... :)