Monday, May 04, 2009

Gue ndak bosen, kok... janji!

Di temani aroma tembakau, kopi dan udara sejuk setelah hujan, gue ngobrol sama temen gue mengenai sifat 'mudah-bosan' milik gue yang sepertiny sudah laten dalam diri. Menurut temen gue, kebosanan yang gue idap itu timbul karena gue belum tahu apa yang sebenernya gue mauin dalam hidup ini.

"Gue main di satu tempat dari tahun 2003 sampai sekarang. Jadi bohong kalau gue bilang gue ndak pernah bosen. Tapi saat rasa itu melanda, gue coba tanya sama diri gue.. 'eh, bukannya main musik itu adalah impian lo sedari dulu?' Nah, saat bertanay itu, gue kembali sadar tujuan gue sebenernya apa."

Mendengar penjelasan itu gue tiba-tiba kebayang apa yang gue udah lakuin untuk bisa menulis. Keinget banget rasa putus asa saat ndak ada ide buat nulis, saat ngerasa semua tulisan gue ndak layak dibaca, keinget masa memaksa diri untuk duduk manis di depan mesin tik dan menulis-menulis-menulis.... keinget target-target bodoh yang gue tempel di layar komputer...keinget rasa frustrasi melihat penulis2 berbakat yang ada disekeliling gue nulis tanpa beban dengan hasil brilian.... keinget majalah dinding,buklet HI, keinget Info Jatinangor keinget proses Monggo! it's free lho ( sigh...) keinget proses Superstar.. keinget proses My Brother My Hero.... anjrit.. udah terlalu jauh rasanya gue untuk bisa bilang gue bosen sama hal yang satu ini....

Gila, ngapain gue ngelakuin itu semua kalo gue ngak mau kerja seperti sekarang ini?

Kampret, temen gue yang satu ini emang paling bisa ngejungkir balikin logika gue...

"Eh, kalau ada tawaran lain yang menarik dan menjanjikan sebuah jalan menghindari rasa bosan?" tanya gue nekat.. entah dapat ide bodoh dari mana untuk menanyakan hal ini.... ah, sebuah usaha terakhir untuk mencari pembenaran diri.

Dengan santai temen gue itu membuat analogi panjang tentang pilihan menjadi penulis lepas dengan menjadi musisi... "Gue udah tahu apa yang gue mau, yaitu main musik... saat ada tawaran lain yang bikin gue ndak bisa sepenuhnya main musik.... jelas gue ndak bakal rela... Karena gue tahu apa yang gue pengen lakuin ... dan tawaran semenggiurkan apa pun rasanya ndak bisa bikin gue bergeming, kalau tahu bahwa konsekuensinya adalah menghilangkan musik itu dari kegiatan sehari-hari gue"

PLAK
kalimat terakhir itu nampar gue, dan menyisakan label "DETTA MASIH ANAK KECIL YANG NDAK TAHU APA' Damn... gue ndak tahu harus ikut kursus apa yang bisa menghilangkan otak kanak2 gue ini...yang masih mudah bosan, ndak fokus, terburu-buru, dan hal jelek lainnya dalam idup gue...

hiks..
eh, sebenernya ndak sedih sih.. cuma kaget aja mengetahui gue sekanak2 itu.... bagi seseorang yang merasa dirinya logis, pengetahuan ini bikin gue merasa orang terdodol satu jagad raya....

* thx, matong! *

No comments: