Monday, December 17, 2007

film minggu lalu 2

film kedua gue terjadi di saat tak terduga (sekali lagi, diingatkan mengenai kebetulan kosmik)

minggu malam (16/12)
dengan niatan mau liputan JIFFest, tiba2 temen gue bilang dia sudah mendarat di Jakarta dan mau nonton Closing Filmnya JIFFest..."Gue ndak punya tiket," begitu reply gue ke 2 anak Yogya gila itu.. "Tak goleke yo...," begitu tawarannya. Secara gue cewek mau-an.. gue mah iya saja...

dan bener saja kebetulan bisa masuk, kebetulan dapat tempat duduk dan banyak kebetulan lain yang bikin tersenyum.. membuat gue menyaksikan sebuah film yang gue prediksi bakal jadi fenomenal untuk tahun ke depan.

"Untuk pertama kalinya, Closing Film Jiffest mempersembahkan karya negara sendiri," begitu ujar panitia sebelum kita menonton CHANT OF LOTUS (perempuan punya cerita) dan terpukau dengan 2 ceritanya.

pertama2  yang perlu diketahui adalah bahwa COL itu tdd 4 film pendek dengan benang merah perempuan Indonesia yang termarjinalkan dalam masyarakat. Dua penulis untuk  4 film yang disutradarai masing2 oleh 4 sutradara perempuan.

film pertama:
Cerita dari Pulau (Fatimah Tobing)
ide cerita yang kuat, sayang akting Rieke ndak nyaman di mata (entah kenapa)...komentar gue hanya Rachel Maryam --asyik banget mainnya--, keren banget pengambilan gambarnya, sayang ceritanya ndak fokus... tapi gue ngerti kok, kadang kalau ada cerita bagus, rada sayang membuang hal2 yang sebenernya ndak efektif...

Cerita dari Yogya (Upi)
secara beberapa hari sebelumnya nonton Radit dan Jani, gue agak pesimis.. Dan rasa pesimis itu dihajar oleh Upi yang akhirnya bikin gue mau mau nyembah2 perempuan satu ini! Gokil! lugas, bebas, berani dan tanpa beban bikin film yang bercerita mengenai anak remaja dan wacana seksualitas yang ada di kepala mereka (salut berat sama penulisnya!)
Gue asyik sendiri nonton film bikin gue ketawa miris ini... Simbol2 kuat dan dialog2 keren bikin gue ngerasa dibanding 4 film yang ada, film ini mengena banget di gue... Komentar gue cuma : waduh wajah pemeran utamanya kok ndak jogya banget yah? cuma itu masalah gue....

Cerita dari Cibinong (Nia diNata)
kualitas sutradara matang emang keliatan banget dari karya ibu yang satu ini. cerita yang berat, ndak bikin penonton pemalas (seperti gue) untuk tetap hikmat menatap layar. Show stealernya adalah Sarah Sechan! asyik abis liat dia main... film yang berat ini tampak rapi dan fokus dari awal sampai akhir, apalagi saat film makernya memilih untuk menggunakan bahasa sunda nyaris dalam setiap adegan , bikin penonton (gue maksudnya) merasa dapet banget sama setting di kota Cibinong itu... Angkat topi!
komentarnya : agak kaget liat Shanty ngomong sunda, tapi kebayar sama Sarah Sechan jadi penyanyi dangdut euy!

Cerita dari Jakarta (Lasja Fauzia)
film terakhir, film paling murung dan gelap, walau wajah Susan Bachtiar indah banget di layar (untuk Jalan Pulang, you must watch this so that you could drool over her:)) . Sepertinya film ini yang paling tidak kuat, dibanding ke-3 film sebelumnya. Entah karena 2 film sebelum ini jelas banget pesannya, jadi pas nonton yang keempat dan mendapatkan ceritanya tidak terjalin kuat, gue langsung vonis 'lemah'.. well.. entahlah...
tapi teuteup, Susan.. you looked great!

hehehe.....

abis itu pulang, cuci muka, kaki, tangan dan tidur nyenyak dan mimpi indah .....


No comments: