Thursday, January 10, 2008

GOL & GINCU

tadi malem dapat kesempatan nonton film ini, setelah menemukan film dengan judul lucu ini di rental vcd langganan gue.. dan ternyata i luv it! sedehana, menyenangkan dan nyaman di hati.. hehehe... jadi jangan kaget kalau gue mau cerita panjang banget mengenai film ini...

GOL & GINCU (goalposts & lipstick) (2005)
Sutradara:Bernard Chauly
Writer: Rafidah Abdullah
tagline: Is Love A Game?

kalau lagi kangen sama film cheesy yang bisa ditonton sambil ketawa2 sendirian, film ini bisa jadi satu pengobat rindu itu... Bagi gue pribadi, gue jatuh cinta sama film ini.. hehehe.. 'secara' gue orang Indonesia, mendengar dialek Melayu itu menyenangkan sekali. Pengetahuan gue soal Malaysia itu minim banget jadi saat melihat film ini dan menyaksikan keseharian orang di sana, gue kegirangan sendiri melihat betapa mudahnya kita bisa mendapat gambaran mengenai suatu negara lewat film (gue browsing di internet dan banyak yang menyatakan bahwa film ini menggambarkan kondisi remaja malaysia yang sebenarnya di tahun 2005)

OK, ini pendapat gue secara detail mengenai film ini:

Dari segi cerIta:
Cerita sederhana mengenai perempuan yang ditinggalkan pacarnya, lalu ingin menarik hatinya lagi dengan cara terjun ke hobi sang pacar yaitu futsal memang bukan cerita yang dasyat. Kita sering liat cerita ini di mana-mana. Tapi kekuatan film ini bukan dari originalitas cerita tapi bagaimana cerita nan sederhana itu digambarkan dengan komunikatif ke penonton.. Saat liat film ini, di kepala gue terlintas beberapa film yang pernah gue tonton sebelumnya, yang setelah gue cek ternyata memang mereka terinspirasi dari film2 berikut ini:
LEGALLY BLOND .. yoi.. ide mengejar pacar dengan segala upaya itu memang tema inti dari film legally blond, dan tema ini diangkat dalam Gol&Gincu... bahkan karakter Putri itu mrip banget sama karakter yang diperankan oleh Reese Witherspoon itu...
BEND IT LIKE BECKHAM... girls and football, kalau orang susurh mengasosiasikan 2 kata tersebut dengan fim.. ngak mungkin film yang dibintangi Kiera Knightly ini kaga kesebut...
PITCH FEVER.. nah film ini memang ndak disebut2 oleh sang sutradara sebagai film yang jadi acuannya dalam membuat Gol&Gincu.. tapi ada adegan yang menurut gue plek banget idenya sama film yang dibintangi Drew Barymore ini.. Adegan dimana Putri dan ibunya Eddy (pacarnya) sedang minum teh di meja makan, dan menyaksikan semua laki2 di rumah itu nonton bola .. dialognya kira2 begini... "Beginilah kalau musim bola sudah mulai, kita jadi Janda.. nanti kalau kamu sudah menikah dengan Eddy di waktu2 seperti ini baiknya kita shopping saja ya..."
hehehe.. sori ndak ada tenaga untuk nonton film ini ulang dan nyatet dialognya (di imbd kaga ada scriptnya juga.. jadi maap ilang konteks melayunya.. hehehe)
AADC... yup gue liat sedikit banyak film ini merujuk pada Ada Apa dengan Cinta.. hehehe... pas gue liat daftar terima kasih, gue bahkan liat nama Prima Rusdi di sana.. so if you like AADC, film ini pastinya lo suka juga

Filmnya memang menyenangkan, tapi sedikit kritik adalah ketidak konsistenan film maker dalam pemunculan tokoh REZA (penjaga tempat futsal yang jatuh cinta pada Putri) dia hadir--hilang--hadir-- hilang dan karena karakternya tidak begitu kuat, penonton terkadang lupa pada sosoknya karena banyak hal-hal lain yang lebih menarik untuk diperhatikan.. padahal at the end of the movie, sosok Reza ini played a big part..  (sori spoiler neh)

masalah yang disodorkan dalam film ini cukup banyak, antara lain:
-hamil di luar nikah
-masalah incest
-pemilihan antara pacar dengan sahabat
-hubungan dengan mantan pacar
-konsep pencarian jati diri seorang perempuan melayu
-konsep menjadi pacar (ada dialog pas Putri diputusin sama Eddy.. putri tanya kenapa dia diputusin, Eddy bilang "I don't want a cheerleader yang selalu support, Maybe I want a striker" sekitar gitu deh dialognya... keren banget yah.. apalagi ditambah dengan omong yang kira2 seperti ini ' kita bisa begini terus 2-3 tahun dan kita kawin.. itu fine.. tapi setelah 10 tahun pasti bosan.. dan nanti saya pasti cari istri ke dua macam ayah saya.. do you want that?" sekitar gitu deh dialognya.. gokil kan? hehehehe.....

Dari segi pemain:
Nur Fazura Sharifuddin yang juga VJ MTV Asia ini mainnya bagus sekali.. wajar hehehe.. tapi yang menarik bagi gue adalah si Rafidah Abdullah yang berperan sebagai Zie... baru gue ngeh alasan kenapa acting orang satu ini keren banget.. ternyata dia yang yang NULIS film ini terang aja dia ngebawain perannya dengan keren.... hehehe...

overal semua pemain yang ada di film ini tidak ada yang scene stealer tapi itu yang bagus dari film ini.. semuanya jadi keliatan wajar dan tidak berlebihan..

Dari segi illustrasi musik
walau gue merasa semua lagu yang ada di film ini bagus2, tapi tetep gue rada kurang suka keberadaan lagu2 itu di dalam fim ini.. mengganggu, menurut gue mereka jadi 'stealing the thunder' .. jadi gue yang lagi senang mengikuti alunan cerita, dipaksa nonton 'video klip' hehehe.... kuat kok ceritanya ndak usah di perjelas dengan musik dengan teks.. coba hanya instrumen aja.. ato lagu yang minim lirik.. mungkin jadi pas...

Dari segi film sebagai media untuk ditonton:
Ada upaya dan jerih payah film maker untuk cari angle keren.. seperti sepatu hak tinggi warna kuning yang disangkutkan di jaring futsal yang hijau.. yang di sorot hampir close up dengan latar belakang PUTRI yang stres dan menendang2 bola ke gawang.... that's cool!

Printilan yang menarik hati gue:
- KEBAYA.... adegan putri berkebaya untuk pesta kawinan.. itu ngena banget di gue... jarang sekali kita liat itu di film2 remaja Indonesia.... bukan berarti gue pikir film Indonesia kudu kasih liat itu, karena di kita jarang juga yah liat anak muda mau berkebaya kalau datang ke kawinan (eh ini bener kaga sih?)
-upaya keras dari film makernya nyari buku PRINCESS IS NOT A QUITER.. (buku anak2) dibikin tergeletak aja saat Putri (Princess) lagi merasa putus asa... nice touch!
- ada adegan saat putri ngegol-in , gawangnya dicium dan beberapa saat kemudian dilihatkan bahwa lipstick yang ada di gawang itu warnanya merah.. padahal putri pake gincu berwarna nude... (hehehe.. sekarang gue jadi merhatiin lipstick neh... :))
- konsep turnamen futsal seharian penuh bikin gue panik,gokil dalam sehari tim itu main berapa kali? bisa tewas mereka? atau memang ada turnamen seperti itu yah?
-adegan munculnya Shasha (musuh putri) ditengah kericuhan bapaknya Jiji (teman tim putri) menculik adiknya Jiji.. bikin gue bertanya2 .. kenapa dia ada di situ.. dengan wajah penuh arti lagi (walau gue ngak nangkep artinya apa).... dan tidak dilanjutkan ceritanya... gue jadi seperti kehilangan sesuatu
-adegan saltingnya Putri sama Reza di toko olahraga harusnya di re-take .. karena ndak wajar !

hehehe.. udah kepanjangan yah tulisan nya... semoga dengan ini kalian mau nonton Gol&Gincu (yang menurut gue catchy sekali judulnya) dan membahasnya bareng gue.. karena menurut gue, harus lebih banyak film2 seperti ini... santai damai sederhana cukup detail.. ndak berantakan seperti beberapa film lokal yang gue tonton belakangan ini... :)

13 comments:

Sarah M.lia said...

neekk panjang yeuuh

uwi hadjid said...

jadi pengen nongton juga...
btw, masih banyak kok anak muda yg mau pake kebaya ke kawinan. emang sih kebayanya modern...

agung marhaenis said...

benar-benar seorang pengamat bola, eh film mangsudnya :)

detta aryani said...

alasannya sederhana.. KARENA BELUM BISA BIKIN FILM SENDIRI, DADI ISO NE MUNG NGOMENTARI DUWE E WONG LIYO! hiks2 sedih!

Imelda Suryaningsih said...

pinjem dwong

detta aryani said...

waduh kudu dibalikin ke rental besok euy....

rachma wati said...

gue suka Det gaya lo nulis tentang film..
detail pisan..

detta aryani said...

ah nyindir yah.. karena kepanjangan hehehe... semoga ndak bete karena banyak jadi spoiler.. (padahal sumpeh kalo nulis film gue ngak mau jadiin tulisan gue jadi spoiler, maunya sih jadiin pendorong orang2 iseng --yang baca tulisan gue-- untuk nonton dan ngebahasnya bareng gue)

alasan lain yang bisa ngejawab ini adalah "Detta emang banyak omong " hehehhee.. kutipan yang sering gue denger dari orang2 terdeket ama gue...

rachma wati said...

tong Suudzon atuh Neng Detta :P

gue takjub gitu lo bisa apal hampir semua detail pas nulis ini..
ternyata rotigambang bilang lo sambil coratcoret kalo nonton pelem,
eleuh eleuh.. pantes weee bisa detail nulis reviewnya.. hehe

detta aryani said...

he2 ketauan deh rahasianya.. kalo ndak bisa nulis dibuku, gue nulis di hape.. hehehe... abis g orangnya pelupa seh... kalo poin2 ditulis, pas mau bikin reviu jadi kebayang lagi filmnya...

untuk film gol & gincu bisa detail karena ntn di tivi sendiri dan bisa nulis di buku catatan dengan lebih leluasa (kaga harus nyari senter kecil gue dulu.. hehehe)

lia namaku said...

wah gw jg udah liat film ini... pertama tertarik juga karena judulnya... setuju ama lo, film ini asik. Daripada beberapa film Indonesia yang gak jelas itu, film ini lebih seru untuk dinikmati...

detta aryani said...

yoi.. padahal menurut gue film Indonesia punya potensi untuk bikin film keren dan sederhana spt ini, tapi banyak film maker yang merasa ndak puas kalo bikin yang sederhana, jadi maksain filmnya jadi rumit dan eksekusinya jadi berantakan.. hehehhe.. that's my personal opinion seh...

lia namaku said...

jadi kayak nonton sinetron gak jelas tapi di bioskop :P