Wednesday, January 23, 2008

indonesia gue cihuy...

lagi makan pagi, ditemani cerita ibu gue mengenai harga2 yang naik di pasar, mata gue tiba2 terantuk pada gambar yang ada di tivi... kulit durian dijadikan kayu bakar! sayang gue lupa nama tempatnya, yang gue inget cuma kulit durian itu dijadikan kayu bakar untuk memasak karena selain harga minyak tanah naik, harga kayu bakar pun naik.... satu2 cara untuk menyelamatkan dagangan (oh ya yang makai ini sederetan warteg yang ada di kota itu) adalah dengan membakar kulit buah berduri itu. Kulit durian ini didapat secara cuma-cuma dari pasar durian yang juga berada di kota itu...

pagi2 hati gue udah berbunga2 denger itu... Indonesia gue emang cihuy banget.... otak bangsa yang sering dijemur matahari katulistiwa ini ternyata ndak tumpul2 banget hehehe... gue cuma mikir, kenapa ndak dari dulu aja yah, kita pake kulit durian? kalau hal itu bisa dipakai minyak tanah ndak bakal banyak permintaannya... :)

yah, pokoknya pagi ini gue seneng liat cerita itu di tivi, rasanya acara makan pagi gue yang biasanya dikejar sama waktu.. jadi lebih ringan (karena adik gue --baca: orang yang gue tebengin--jg ikutan tertarik sama berita itu jadi sante2 aja nonton tivi tanpa nyuruh gue buru2 nyelesain sarapan)

10 comments:

dan sapar said...

kalo di tempatku make grajen *bahasa jawa dari serbuk kayu*
kebetulan ditempatku lumayan banyak industri rumahan meubel
jadi kayu bakar, kasih dari masah/menghaluskan kayu *kami bisa menyebutnya dengan kawul*, lalu grajen itu sendiri dijadiin sebagai pengganti minyak tanah, bahkan beberapa keluarga memang gak make minyak tanah/kompor gas, lebih memilih memakai kayu bakar/grajen .... trus jaman saya kecil jg banyak nenek2 yg masak dengan daun2an kering dan ranting2, kebetulan disana masih banyak pepohonan .... wah kudu kreatif ya menyikapi mahalnya harga2=)

detta aryani said...

tapi jangan karena mahal aja kita cari alternatif... pilihan yang banyak bakal bikin negara kita lebih cihuy lagi, bukan?

Imelda Suryaningsih said...

setuju. sama halnya dengan nasi sebagai sumber karbohidrat utama di negara ini. mungkin orang harus udah mulai mengubah cara pandangnya. nggak cuma nasi lho yang bisa jadi sumber karbohidrat. ada sagu, singkong, jagung, ubi, sukun, pisang, kentang, dll. dan Indonesia sangat amat kaya dengan itu. jadi kalo tiba-tiba beras jadi mahal atau menghilang dari pasaran, ya kita tetap bisa 'makan' :))

*aduh! jawaban gue jadi serius gini*

agung marhaenis said...

Itu gw. kalo belum makan nasi, berarti belum makan :))

detta aryani said...

itu gue banget! tapi bener kata sepatuungu kita kudu berusaha berubah...

detta aryani said...

hahaha.. sebenernya emang lo serius kok... wahahahaha.. jadi bukan cuma gue doang!

Jalan Pulang said...

Gue lagi mengurangi porsi nasi nih... tapi hanya ada satu varian nasi yang sulit dikurangi porsinya, yaitu... nasi padang!
Nah, gimana ya kalo nanti ada rendang, perkedel plus daun singkong dan sambal ijo, tapi dicampur sagu atau singkong... hiksss... belum ikhlas, mel...;p

Shinta Kertasari said...

kayak batu baterei aja dett dijemur mulu ma pembantu biar oke, inget cerita siapa ya?)

serny olive said...

sebenernya emang kreatif, tapi seringnya harus 'dipaksa' dulu sama keadaan biar kreatif.
(gue banget)

Prast Lampard said...

Setubuh..., eh, setuju!
(Gue banget juga)