Sunday, January 13, 2008

RUMAH ANGIN (2007)

judul yang menggelitik yang bikin gue merasa pergi ke sebuah tempat pemutaran film  di bilangan kuningan sendirian di hari jumat malam saat mata mengantuk, bukan sebuah beban. Dengan mengedepankan label 'film dokumenter pertama mengenai arsitektur Indonesia', gue -- yang seneng banget liat bangunan2 kuno dan sejarah bangsa ini-- semangat 45 donk mendatangi gedung di jalan gelap itu...

sayang apa yan gue liat di gedung itu ndak seperti harapan gua (makanya jangan berharap 'det! hehehe) berikut cerita aneh yang gue alami itu.. yang membangkitkan jiwa bitchy gue untuk tumbuh kambuh... padahal sudah 10 hari gue jagain sejak resolusi taoun baru gue proklamirkan.. SIAL!

karena datang kepagian, gue langsung memutuskan untuk liat pameran mengenai arsitektur Indonesia yang berada di lantai satu (oh ya pemutaran filmnya ada di lantai 2)..
saat melihat pameran yang terkesan modern banget itu.. gue terbengong2 liat kreasi anak negeri --secara gue ndak tahu apa2 ttg arsitektur-- di kepala gue isinya cuma 'gokil orang indonesia udah bisa bikin rumah n gedung keren2 begini ya....' tapi kenapa yang gue hadapi di jalan2 adalah keruwetan rumah ditinggali bertumpuk2 aneh dan jalan2 kaga rapi gitu yah..... pendapat itu mengukuhkan kebodohan gue ternyata karena tata letak kota itu tidak ada hubungannya sama arsitektur ! hehehe ... ups....

udah penasaran ngomongin soal filmnya ya? hehehe..

setelah bengong2 sebentar liat pameran dimana gue dikelilingi orang2 yang manggut2 setiap kali liat sebuah maket ato baca keterangan itu.. aughh.. i feel so allianated!
gue memutuskan untuk naik ke tempat pemutaran film..

ternyata di tempat film itu gue masih harus menghadapi cobaan berikutnya... 'Ribet banget yah orang indonesia, sitting arragement jadi suatu hal yang vital di acara yang seharusnya santai ini... apalagi ucapan selamat datang dan acknowledgement kudu rapai DAN GOD FORBID ada tamu penting yang tidak disebut!' aughhh.. keluarlah harimau dari mulut gue yang gue tulis dengan rapi di pesan hp gue... hehehehe.. bete bener liat orang sliweran dan emcee mengumumkan tamu ini kudu duduk di depan dan segala macem,... aughhh... LAMA BENER!! ternyata penantian gue belum selesai, acara pemutaran film kudu diawali oleh sepatah kata oleh perwakilan dari Arsitektur Muda Indonesia... yang berubah menjadi cerita panjang mengenai bagaimana film ini dibuat.. dan yang bikin kaget adalah sang sutradara (yang gue idolai) maju ke tampil juga dan bercerita banyak mengenai proses filmnya dibuat ....

WAIT... STOP.. PAUSE....
gokil.... kan abis pemutaran film ada diskusi, kenapa ndak tahan aja segala omongan setelah film diputar... hiks2 gue yang sudah ngantuk pengen nangis.. karena jatah sisa2 kekuatan mata gue dipakai sia2 demikian... padahal harusnya dipakai tuk ntn film.. hiks...

nah pas denger uraian panjang lebar dari sutradara itu... tiba2 perasaan gue ndak enak... If you got everything down in the movie, kayanya ndak perlu panjang2 deh diceritain.. kan udah jelas di filmnya, bukan??

mmm.. was2 juga waktu dengar (akhirnya) sang sutradara idola gue itu menutup obrolan panjangnya dengan kalimat 'Baiklah kita tonton filmnya.." .... Deng-deng-deng.....


dan perasaan gue bener...
pertama gue masih cengar cengir liat gaya signatur Harry Dagoe terpampang di pembukaannya. penulisan nama2 orang yang membuat film ini dan judul dari film khas Harry banget (dari film2nya yang gue tonton yah..). wawancara dengan pemotongan2 unik jg bikin hati gue senang...

tapi nite-mare mulai saat film memperdengarkan suara orang yang menarasikan  sejarah arsitektur film indonesia... entah kenapa suara sang narator ndak cocok sama  kuping gue... waduh kaya nonton film dokumenter di monas nih....

dan perjalanan seterusnya juga bikin gue tersengal2 mengikuti film ini.. waduh padahal gue mau banget tahu mengenai arsitektur indonesia, sayang yang dipampangkan disana cuma potongan2 kecil mengenai indonesia.. terlebih cerita agaknya mau berlama2 dengan kisah soekarno dan poklitik mercu suarnya....

gue berharap (lagi2 berharap euy) sebuah film dokumenter ala NG or Discovery gitu yang cerita mengenai sesuatu yang sederhana tapi dengan gaya memukau... ndak seperti gue inget acara TVRI jaman dulu yang ngebahas sebuah kabupaten.. hiks...

beberapa hal kecil yang menurut gue bisa bikin film ini lebih baik:
1. narasumber diberi tambahan info lebih dong.. jangan sekedar dia beri label arsitek... gue yang buta mengenai arsitektur mau tahu donk,.. kenapa orang ini dipilih sebagai narsum yang berbobot...

2. ada beberapa orang asing yang diwawancara.. minta tolong subtitle donk... secara dia ngomong inggris tapi logatnya kental banget, ndak kedengeran...

3. tempat2 diberi lokasi jelas, karena orang awam (gue contohnya) ndak ngerti where the hell is this place..

4. beberapa footage gambar dan film diambil untuk film ini.. yang gue kaga liat akreditasi gambar tsb.. wah... apa bisa dipercaya?

5. pengulangan gambar terjadi sering banget.. untuk kisah yang berbeda kok gambarnya sama hiks2.... gue tahu sih cuma 3 minggu semua ini dikerjakan, tapi kan nyela sutradara idola, boleh kan? :) hehehehe...

6. data terlalu banyak sehingga ndak fokus.. i know that ther's so many things you guys wanna say.. 'secara' ini film doku pertama ttg arsitektur.. tapi kan kali ceritanya kebanyakan binun  juga yang nonton ...

waduh.. setelah film kelar, gue ngabur keluar... waduh.. pastinya diskusi panjang nih secara penonton yang datang banyak orang yang berhubungan dengan arsitektur.. heheh jadi minder takut tampang bloon gue terpampang jelas saat mereka ngobrolin nama yang ndak gue kenal dan lokasi yang ngak gue ketahui...

hehehe..
sebagai kata penutup, gue cuma bilang.. 'usaha pertama memang tidak selalu berhasil, tapi yang penting adalah semangatnya dan keinginan untuk menciptakan usaha kedua, ketiga, keempat atau yang lainnya... hehehhehhehehe....






2 comments:

uwi hadjid said...

huahaha...... parah. kalo ada gue, kayaknya kita bakal sukses bikin keributan. hehehe

detta aryani said...

wah nonton film itu membuktikan satu hal: faktor kebersamaan Gue dan Roti Gambang tidak serta merta menjadikan film yang kita tonton bersama - buruk.... hehehe... Brarti kita berdua bukan bad luck! hehehe